JEBAKAN BETMEN


Post Thumb

JEBAKAN BETMEN

Amsal 16:18

Jebakan Betmen adalah salah satu acara di sebuah stasiun televisi yg dipandu oleh Uya Kuya, yg isinya menyiapkan "jebakan bagi para korban" untuk dinikmati para pemirsa TV.

Sebenarnya, kehidupan juga penuh dengan "jebakan Betmen". Setidaknya ada 3 jebakan berbahaya dalam kehidupan:

1. Keserakahan: ketika kita sudah punya lebih, tapi masih ingin punya lebih.

Seseorang kerap kali hancur, karena ia tidak tahu batas. Sudah mendapat banyak, masih ingin lebih banyak. Lalu lupa diri. Lupa daratan. Lupa segalanya.

2. Nafsu yg tidak terkendali.

Nafsu itu baik&manusiawi; namun kalau nafsu sudah menjadi tuan atas diri kita itu yg tidak baik. Dampaknya: ia akan menghalalkan segala cara atau ia akan depresi jika keinginannya tidak terpenuhi

3. Kesombongan.

Kesombongan berbahaya karena membuat kita tidak waspada. Kesombongan berbahaya karena membuat kita lupa diri. Kesombongan berbahaya karena menjauhkan diri kita dari Tuhan.

Oleh karena itu bacaan kita hari ini yaitu Amsal 16:18 menuliskan demikian: "Kecongkakan mendahului kehancuran, dan tinggi hati mendahului kejatuhan".

Orang sombong seperti memegang kunci ke arah kejatuhan, seperti naik roller coaster tanpa rem. Obat kesombongan adalah kesadaran bahwa kita manusia yg tidak sempurna. Segala raihan dalam hidup karena Tuhan berperan; selain juga dukungan orang-orang sekitar; bukan semata-mata kemampuan kita sendiri.

#SalamWelasAsih

NB: jika merasa diberkati dengan renungan ini, kirimkan ke saudaramu yang lain.

Kembali Keatas