PEMBELAJARAN HIDUP DARI KISAH NAAMAN


Post Thumb

PEMBELAJARAN HIDUP DARI KISAH NAAMAN

2 Raja 5:1-5

Bacaan saat ini merupakan salah satu cerita yg paling menarik dalam PL&sarat pelajaran berharga bagi para pembacanya.

1.Betapa rentan&ringkihnya manusia itu. Naaman merupakan seorang yg luar biasa, dia jendral bukan sembarang jendral. Ay 1: "Naaman, panglima raja Aram, adalah seorang yang terpandang dihadapan tuannya dan sangat disayangi, sebab oleh dia Tuhan telah memberikan kemenangan kepada orang Aram". Seorang jendral&merupakan kesayangan raja, demikianlah seorang Naaman. Namun cerita berikutnya: "Tetapi orang itu, seorang pahlawan tentara, sakit kusta". Ambruk sudah semua reputasi yg dibangun selama ini.

Apa yg dialami oleh Naaman menjadi realitas hidup manusia yg tidak terbantahkan. Sehebat apapun manusia, jika Tuhan sudah menyentuhnya, maka ambruklah dia. Karena itu pelajaran yg kita petik:

a. Jangan gantungkan harapan kita pada manusia (Mzm 118:8).

b. Aja dumeh! Eling an waspada!

2. Dunia bukan hanya tempat bagi orang sukses, tapi juga bagi wong cilik&terpinggirkan. Baca ay 2. Melalui ay yg kedua ini, kita diminta untuk mengingat bahwa dunia ini ada orang-orang kecil&terpinggirkan. Seringkali perhatian&kepedulian kita hanya kepada orang-orang sekelas Naaman; padahal sebenarnya mereka tidak butuh perhatian kita. Yg kecil-kecil lebih butuh perhatian,malah tidak diperhatikan.

3. Kebesaran hati seseorang diukur dari bagaimana seorang mau memberikan kesempatan pada orang lain untuk menunjukkan diri. Baca ay 3! Si kecil, budak&seorang wanita yg sering disepelekan, kalau kemudian diberikan kesempatan, ternyata mampu mengusulkan sesuatu yg berharga.

4. Siapapun kita&sekecil apapun kita, jika Allah menghendaki pasti kita dimampukan menjadi jalan berkat.

#SalamWelasAsih

NB: jika merasa diberkati melalui renungan ini, kirimkan ke saudara-saudara yang lain.

Kembali Keatas